Katalog Buku-Buku Veronica W.

6 komentar
Sebenarnya, sudah lama saya kepingin bikin katalog berisi buku-buku yang sudah saya tulis. Tetapi, selalu tertunda dan tertunda. Hingga akhirnya, jreng … jreng … baru sekarang kesampaian. Terima kasih buat para pembaca yang sudah membeli dan membaca buku-buku saya. Terima kasih juga buat teman-teman yang menuliskan resensinya di blog maupun media massa. 

Judul                   : Terbanglah, Lintang!
Penulis                : Veronica W.
Ilustrator            : Hilman Makhluf
Penyunting         : Cicilia Henny
Penerbit              : Kanisius ; Room to Read, 2020
Sinopsis               :
Lintang bersiap mengikuti lomba egrang. Ini perlombaan pertamanya. Lintang merasa sedikit takut dan cemas. Di tengah perlombaan, Lintang sempat oleng dan jatuh. Namun, Lintang tidak mau menyerah. Lintang ingin mencapai garis akhir. Apakah Lintang berhasil menyelesaikan perlombaan egrang pertamanya?
Baca bukunya di: LiteracyCloud 

Judul               : Penari Perang dari Nias
Penulis            : Veronica W.
Ilustrator        : Tshiu Ha
Penyunting     : Wenny Oktavia
Penerbit          : Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019
Sinopsis             : 
Aro ikut menari di Pesta Budaya Nias. Namun, gerakannya ada yang salah. Teman-teman kesal. Penonton tertawa. Aro jadi malas menari lagi. Namun, ada yang bisa membuatnya kembali bersemangat untuk menari. Apakah itu?
Baca bukunya di: Badan Bahasa Kemdikbud 

Judul             : Kejutan untuk Mama
Penulis           : Veronica W.
Ilustrator       : Tshiu Ha
Penyunting    : Luh Anik Mayani
Penerbit         : Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019
Sinopsis          :
Mama mengajari Elsa menenun. Ternyata menenun itu susah. Elsa memilih bermain bersama teman-temannya. Namun, saat melihat kain-kain tenun yang dijual di Kelimutu, Elsa kagum. Elsa pun belajar menenun di rumah Mama Martha. Berhasilkah Elsa menyelesaikan kain tenun pertamanya?
Baca bukunya di: Badan Bahasa Kemdikbud 

Judul               : Si Bolang - 7 Cerita Seru di Tanah Pasundan
Penulis            : Veronica W. 
Ilustrator        : InnerChild
Penyunting     : Pradikha Bestari
Penerbit          : Kiddo - Kepustakaan Populer Gramedia, 2018
Sinopsis           : 
Salam bocah petualang!
Yuk, ikut bertualang denganku, Si Bolang, di Jawa Barat, Aku pergi bersama Popo dan Uci untuk mendaki Gunung Gede Pangrango. Kami bertemu dengan dua pendaki yang mau membantu, namanya Kang Asep dan Kang Deden. Tapi di tengah perjalanan, Popo dan Uci malah menghilang. 
Sambil mencari, aku bertemu banyak sahabat yang menolongku. Kami mengalami banyak hal seru. Kami sempat bergulat di dalam lumpur. Kami juga bermain saserodotan, memancing dengan cangklung, dan masih banyak lagi. 

Judul              Naura & Genk Juara - The Adventure Begins *
Penulis           : Veronica W.
Ilustrator       : Rendy Al Azhar
Penyunting    : Pradikha Bestari 
Penerbit         : Kepustakaan Populer Gramedia, 2017
Sinopsis          :
Naura, Okky, dan Bimo terpilih mewakili sekolahnya untuk bersaing dalam kompetisi sains di acara Kemah Kreatif yang berlangsung di Kawasan hutan tropis Situ Gunung. Petualangan ini mempertemukan mereka dengan Kipli, seorang ranger cilik yang sedang menggagalkan usaha Trio Licik, sindikat perdagangan hewan liar. Tipu daya Trio Licik akhirnya menyeret Naura, Okky, Bimo, dan Kipli ke dalam aksi petualangan mendebarkan. Persahabatan dan kesempatan menjadi juara lomba sains sedang dipertaruhkan.
* Diadaptasi dari skenario oleh Asaf Antariksa dan Bagus Bramanti 

Judul            : Si Bolang - 7 Cerita Seru di Negeri Nenek Bertelinga Panjang
Penulis         : Veronica W.
Ilustrator     : InnerChild
Penyunting  : Pradikha Bestari
Penerbit       : Kiddo - Kepustakaan Populer Gramedia, 2016
Sinopsis        : 
Salam bocah petualang!
Yuk, ikut bertualang denganku, Si Bolang, di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Aku pergi ke sana untuk mencari makanan bernama ilung buat Nenek Misterius yang sedang sakit. Sambil mencari, aku bertemu banyak sahabat yang menolongku. 
Kami sempat mengalami berbagai hal seru. Kami bertualang menembus hutan Kalimantan yang hijau dan menyeberangi sungai. Kami juga ikut lomba balap perahu hias, membuat baju perang, mengukir tameng, dan masih banyak lagi.

Judul            : Si Bolang - 7 Cerita Seru di Negeri Naga Purba
Penulis         : Veronica W.
Ilustrator     : InnerChild
Penyunting  : Pradikha Bestari
Penerbit       : Kiddo - Kepustakaan Populer Gramedia, 2016
Sinopsis        : 
Salam bocah petualang! 
Yuk, ikut bertualang denganku, Si Bolang, di NTT, Negeri Naga Purba. Aku akan mengenalkanmu dengan sahabat-sahabatku di sana. Banyak hal seru yang terjadi di Negeri Naga Purba. Kita bisa mengunjungi dan memberi makan si naga purba, ikut upacara Pasola, berayun di hutan seperti Tarzan, berkuda, memetik jeruk, menikmati hidangan jagung dari atas bukit, dan masih banyak lagi. Eh, iya, di sana ada pantai berwarna merah jambu, lo. Ada juga rumah yang seperti tumpeng dan rumah bulat yang hangat. Keren banget! 


Judul            : Si Bolang - 7 Cerita Seru di Negeri Buah Merah
Penulis         : Veronica W.
Ilustrator     : InnerChild
Penyunting  : Pradikha Bestari
Penerbit       : Kiddo - Kepustakaan Populer Gramedia, 2015
Sinopsis        : 
Salam bocah petualang!
Yuk, ikut bertualang denganku, Si Bolang, di Papua, Negeri Buah Merah. Aku akan mengenalkanmu dengan sahabat-sahabatku di sana. Lalu, kita bikin noken bersama-sama, main kole-kole, barapen atau bakar batu, main perang-perangan dengan sumpit, berburu dan pesta karaka, nyam! Eh, kita juga bisa membuat rumah honai yang seperti rumah jamur para kurcaci di Negeri Dongeng, lo! Dan, jangan lupa, kita bisa menikmati pemandangan alam Negeri Buah Merah yang luar biasa cantik. 

Judul         : Petualangan Sekeping Kancing 
Penulis       : Veronica W.
Ilustrator  : Mira Widhayati
Penerbit    : PT Kanisius 
(Diterbitkan sebagai Accelerator Project dari Room to Read)
Sinopsis:
Sekeping kancing terlepas dari sebuah gaun lalu jatuh menggelinding di jalan. Seorang anak mengambil kancing itu, lalu membuangnya. Kejadian ini terjadi berulang kali sehingga kancing merasa tidak diinginkan. Suatu hari seorang anak perempuan menemukannya dan sesuatu yang ajaib terjadi. Dapatkah kamu menebak apa yang terjadi pada kancing?
Baca bukunya di: LiteracyCloud 

Judul         : Rahasia Sebuah Cerita, Panduan Menulis Cerita untuk Anak 
Penulis      : Veronica W.
Penerbit    : PT Kanisius
Sinopsis    :
Ada yang bilang kalau menulis cerita itu susah. Sebenarnya, sih, tidak susah, asal kita tahu rahasianya.
Di buku ini teman-teman bisa menemukan aneka rahasia dalam penulisan sebuah cerita. Mulai dari tips menemukan ide cerita, tips membuat konflik, hingga tips membuat twist yang menjadikan ceritamu luar biasa.
Buku ini dilengkapi dengan aneka permainan yang akan membuatmu semakin senang dan terampil menulis cerita. Ada bonus cerita-cerita seru juga, lho!
Setelah membaca buku ini, teman-teman pasti tak sabar untuk segera menulis. Jangan lelah untuk terus berlatih, ya. Ayo, segera tuliskan ceritamu sekarang juga!

Baca resensinya di:


Judul        : Galau is Over 
Penulis     : Veronica W.
Penerbit   : PT Kanisius
Sinopsis   :
Tania pernah galau. Tania pernah uring-uringan nggak jelas. Tania pernah sedih karena tidak punya pacar. Bahkan, Tania pernah kecanduan facebook! Segudang masalah pernah Tania alami. Namun, dia berhasil mengatasinya. Kini dia ingin berbagi cerita denganmu supaya kamu juga berhasil mengatasi galau.
Kamu bisa baca aneka curhat dari teman-teman Tania. Kamu juga bisa baca aneka tips antigalau dari Tania. Yang lebih seru lagi, di buku ini kamu bisa mengerjakan berbagai kuis kepribadian ala Tania.
Setelah membaca buku ini, kamu tidak akan galau berkepanjangan lagi. Yuk, kita nikmati masa remaja yang indah dan menyenangkan!


Judul        : Princess Badung 
Penulis      : Veronica W.
Penerbit    : Tiga Ananda (Tiga Serangkai)
Sinopsis:
Kyla, anak perempuan berumur 7 tahun, sangat menggemari pernak-pernik tokoh Princess. Kyla bercita-cita untuk menjadi seorang princess yang anggun. Padahal, Kyla adalah seorang anak yang aktif, kreatif, gesit, dan sering membuat heboh keluarga dan teman-temannya. Misalnya, ketika harus menjadi putri pengipas pengantin, Kyla melakukan kehebohan sehingga mendapat julukan Princess Badung. Kyla berusaha memulihkan nama baiknya. Dengan berbagai cara, Kyla mencoba membuktikan bahwa dia bisa menjadi seorang putri yang anggun. Kyla belajar menari, membuat aksesoris, juga memasak. Namun, karena pada dasarnya Kyla adalah seorang anak yang heboh, usahanya selalu diakhiri dengan kehebohan. Upaya untuk membuktikan bahwa dia bisa menjadi putri yang anggun selalu gagal. Mampukah Kyla membuktikan bahwa dirinya adalah seorang Princess Anggun, bukan Princess Badung?

Baca resensinya di:


Judul        : Me and Lionel Messi 
Penulis      : Veronica W.
Penerbit    : DAR! Mizan
Sinopsis:
"Enggak lucu!" sahut Jalu kesal, "Pabriknya pasti curang, deh!" Para anak laki-laki itu sedang membicarakan undian keripik kentang. Pabrik keripik kentang "KRIUK" sedang mengadakan undian. Mereka menawari untuk bertemu dengan Lionel Messi, pemain sepak bola dunia. Syaratnya, peserta harus mengumpulkan huruf-huruf itu harus membentuk rangkaian kata Lionel Messi. Lintang dan teman-temannya bersemangat untuk ikut. Selain karena mengidolakan Lionel Messi, mereka juga suka dengan rasa keripik kentang yang renyah dan garing itu. Sayangnya, sudah lebih dari seminggu mereka mengumpulkan huruf-huruf itu, huruf M tetap yang paling susah dicari. Mereka sudah mencoba bekerja sama. Tetapi, memang tidak satu pun anak yang berhasil menemukannya. Bagaimana akhir kisahnya? Ikuti terus cerita seru Lintang dan kawan-kawan!

Baca resensinya di:


Judul        : Nasi Goreng Meledak, Cerita Kocak Lintang 
Penulis      : Veronica W.
Penerbit    : DAR! Mizan
Sinopsis:
Lintang memang lucu! Anak kelas lima SD ini sering terlibat pengalaman yang seru. Soalnya, dia punya segudang ide orisinal yang bisa bikin suasana jadi ramai, asyik, konyol, dan tak terduga!
Suatu hari, Lintang mendapat tugas jaga rumah karena ayah dan ibunya ada acara. Untuk makan siang, Lintang dan Gerhana, adiknya sepakat membuat nasi goreng spesial. Beruntung Jalu, sobat Lintang datang ke rumah. Sekalian saja Jalu diajak bantu-bantu memasak. Lumayan buat bantu ngiris bawang, he he he...
Nah, nasi gorengnya sudah jadi. Ketika dimakan, tiba-tiba...
“Ya ampun! Ini, sih, nasi goreng meledak!”
Kenapa, ya, nasi gorengnya mendadak meledak? Yuk, baca kisah-kisah seru Lintang. Dijamin kocak 100% Terus, apa lagi ya, kisah ajaib Lintang? Baca sendiri sampai habis, deh! Dijamin full ketawa ketiwi!

Baca resensinya di:


Judul        : Buku Harian Bintang
Penulis     : Veronica W.
Penerbit   : PT Kanisius
Sinopsis:
Kania dan teman-temannya berkemah di Bukit Kejora. Mereka belajar membuat buku harian bintang. Apakah teman-teman ingin tahu keinginan Kania waktu melihat bintang jatuh di Bukit Kejora? Ah, itu, sih, rahasia!



Judul        : Tamasya Susu
Penulis     : Veronica W.
Penerbit    : PT Kanisius
Sinopsis:
Pernahkah teman-teman pergi ke peternakan sapi? Di peternakan, semua sapi diberi nama, lho! Di peternakan sapi yang dikunjungi Kania, ada sapi bernama Bondan, sama seperti nama ayah Kania. Wah, pasti seru pengalaman Kania dan keluarganya di sana!

Judul        : Mareta, Tolong Aku!
Penulis      : Veronica W.
Penerbit    : PT Kanisius
Sinopsis:
Buku ini menyajikan cerita-cerita seru, asyik, mengharukan, bahkan konyol dari seorang tokoh bernama Mareta, anak kelas 5 SD. Cerita-ceritanya terjadi di sekitar dia dengan dirinya sendiri, dengan teman-temannya, dengan keluarganya, dan dengan sekolahnya. Mareta adalah seorang anak yang juga sering mengalami banyak masalah, tetapi hebatnya dia sendiri bisa menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya, sebagaimana terbaca dari cerita-ceritanya. Mari belajar dari Mareta untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah sendiri.

*note: buku ini sempat menjadi nominasi Buku Anak Terbaik 2013 dari Balai Bahasa Yogyakarta (BBY)

Baca resensinya di:



Judul Seri    : I Love Monster
Judul Buku    :
1.    Lomba Masak Monster Sayur
2.    Tamasya ke Negeri Monster Bunga
3.    Serangan Monster Hitam
4.    Tantangan Monster Lautan Susu
5.    Petualangan Monster Buku Biru
6.    Main-Main Monster Air
7.    Mainan Monster Sampah
8.    Lagu Merdu Monster Gigi
9.    Menjadi Monster Dokter
10.    Kerajaan Monster Semut Hitam
Penulis       : Veronica W.
Ilustrator    : Stella Ernes
Penerbit     : PT Kanisius
Sinopsis     :
Tokoh utama buku-buku ini adalah seorang anak laki-laki bernama Rio. Dalam setiap buku, Rio bertemu dengan monster-monster lucu dan baik hati. Mereka mengajak Rio untuk senang makan sayur, baca buku, sayang binatang dan tanaman, berkreasi dengan sampah, juga tidak takut ke dokter maupun dokter gigi. Banyak petualangan seru yang Rio alami di setiap buku. Anak-anak pasti menyukainya!

Selain buku-buku yang saya tulis sendiri, ada buku-buku lain yang saya tulis keroyokan bareng teman-teman. Ada juga yang penulisannya saya dampingi alias saya sebagai co-writer.

Judul          : Bola-Bola Mimpi di Kaki Alif 
Penulis        : Tristan Alif Naufal
Co-Writer   : Veronica W.
Penerbit       : Tiga Ananda (Tiga Serangkai)
Sinopsis:
Pasti sahabat pernah mendengar nama Lionel Messi, jagoan sepak bola dunia. Namun, sudahkah teman-teman kenal dengan ”The Next Lionel Messi” dari Indonesia?

Ya, dialah Tristan Alif Naufal. Video permainan sepak bolanya yang diunggah ke YouTube sempat menggegerkan dunia persepakbolaan. Alif bercita-cita menjadi pesepakbola profesional dunia.

Nah, mengapa Alif disebut ”The Next Lionel Messi”? Bagaimana perjuangan Alif untuk meraih mimpinya? Yuk, ikuti ceritanya melalui seri buku Genius Kids "Bola - Bola Mimpi Di Kaki Alif" ditulis oleh Tristan Alif Naufal.

Baca resensinya di:

Judul        : My Best Story: Best Friend Forever 
Penulis      : Ayunda, dkk.
Penerbit    : DAR! Mizan
Sinopsis     :
“Opi takut sama anak cewek?” “Kalau tahu gitu, kita enggak perlu cari kecoak atau katak buat bikin Opi takut.” “Iya. Panggil anak cewek pindahan itu aja.” “Opi kesal karena enggak dapat kedipan matanya. Iya, kan, Pi?”

Nah, lo! Kok ada, ya, anak cowok yang takut cewek? Hihihih …. Opi aneh, ya! Padahal, anak yang dia takuti itu enggak menyeramkan sama sekali, tapi kenapa Opi bisa takut, ya? Baca cerita selengkapnya dalam cerita “Kalung Putri Ikan” karya Rae Sita Patappa!

Selain itu, masih banyak lagi cerita-cerita asyik dan seru tentang pertemanan. Ada A Nice Friendship karya Nabila Jamal, Dear Michelle Evanna! Karya Ayunda, Decision karya Ninis, Beauty Cream karya Veronica W., Menolong Teman karya Palris Jaya, dan cerita-cerita lain yang enggak kalah heboh. Langsung saja deh, baca cerita seru tentang persahabatan dalam buku ini!

Judul        : Bayangan Penari Kecil 
Penulis      : Ali Muakhir, dkk.
Penerbit    : Human Books
Sinopsis    :
Buku ini berisi kumpulan cerpen misteri yang ditulis oleh anggota Forum Penulis Bacaan Anak (PBA). Beberapa penulis berkumpul di sini. Ada Ali Muakhir, Triani Retno, Ary Nilandari, Tethy Ezokanzo, Indah IP, Indah Juli, Nunik Utami, Veronica W., Dewi Rieka, A. Muti, QS. Emmus, dan Zulfairi.




Buku-buku yang saya edit:
Semarak Perang Ketupat


Veronica W
Seorang penulis dan editor yang menyukai dunia anak-anak.

Related Posts

6 komentar

  1. bukunya mba vero banyak dan bagus-bagus..kita sebuku di bayangan penari kecil yaaa :*

    BalasHapus
  2. Makasih, Mbak Dedew... Meski belum seproduktif dirimu. Harus lebih bersemangat!!! ^_^
    Haha, iya, baru nyadar kalau pernah sebuku :D

    BalasHapus
  3. Selamat malam mbak, bagaimana caranya jika saya ingin membeli bukunya? Saya sudah cari buku rahasia sebuah cerita di toko buku, tp nggak nemu.

    BalasHapus
  4. Selamat malam... Buku "Rahasia Sebuah Cerita" bisa dibeli langsung di showroon Penerbit Kanisius di Jogja dan online di www.kanisiusmedia.com atau lewat saya (v_widyastuti@yahoo.com). Terima kasih :)

    BalasHapus
  5. Salam kenal, saya devi dari Sidoarjo Jawa Timur

    Terimakasih atas karyanya yg sangat bagus :
    "Kejutan untuk Mama" buku yg sangat menarik,favorit anak sy
    Sampai dia dipilih sekolah utk mewakili meresensi buku tsb
    Terimakasih kak Veronica W.

    https://www.youtube.com/watch?v=NVJbQHlxtMA

    Ini video putri kami yg sdg bercerita, tentang buku Kak Veronica
    Terimakasih 😊🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Ibu Devi. Salam kenal. Terima kasih, Finzhi, sudah mengulas Kejutan untuk Mama dengan keren dan bersemangat 🥰
      Sukses selalu, yaaa.... 😊

      Hapus

Posting Komentar